MENGAMALKAN TAUHID DENGAN SEBENAR BENARNYA DAPAT MENYEBABKAN MASUK SURGA TANPA HISAB

Firman allah :

“sesungguhnya ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada allah dan hanif (berpegang teguh pada kebenaran ) , dan sekali kali ia bukanlah termasuk orang orang yang mempersekutukan(tuhan)” ( qs, an nahl, 120 )

“dan orang orang yang tidak mempersekutukan dengan robb mereka (sesuatu apapun )”.
( qs. al mu’minun, 59 )

husain bin abdurrahman berkata: “suatu ketika aku berada di sisi said bin zubair, lalu ia bertanya : “siapa  diantara  kalian melihat  bintang yang jatuh semalam ?, kemudian aku menjawab : “ aku ”, kemudian  kataku  :  “  ketahuilah, sesungguhnya  aku  ketika  itu  tidak  sedang melaksanakan  sholat,  karena  aku  disengat kalajengking”, lalu ia bertanya kepadaku : “lalu apa yang kau lakukan ?”, aku menjawab : “aku minta di  ruqyah  (1)”,  ia bertanya lagi :  “apa yang mendorong kamu melakukan hal itu ?”, aku menjawab : “yaitu : sebuah  hadits  yang  diriwayatkan  oleh  asy  sya’by kepada kami”, ia bertanya lagi : “dan apakah hadits yang dituturkan kepadamu  itu ?”, aku menjawab  : “dia menuturkan hadits kepada kami dari buraidah bin hushaib :

“tidak  boleh  ruqyah  kecuali  karena    ain  (2) atau terkena sengatan”.
said  pun  berkata  :  “sungguh  telah  berbuat baik orang yang telah mengamalkan apa yang telah didengarnya,  tetapi  ibnu abbas menuturkan hadits kepada kami dari rasulullah , beliau bersabda :  

“telah  diperlihatkan  kepadaku  beberapa umat,  lalu  aku  melihat  seorang  nabi,  bersamanya sekelompok  orang,  dan  seorang  nabi,  bersamanya satu  dan  dua  orang  saja,  dan  nabi  yang  lain  lagi  tanpa ada seorangpun  yang menyertainya, tiba tiba diperlihatkan  kepadaku  sekelompok  orang  yang banyak  jumlahnya,  aku mengira  bahwa  mereka  itu umatku, tetapi dikatakan kepadaku : bahwa mereka itu adalah musa dan kaumnya, tiba tiba aku melihat  lagi  sekelompok  orang  yang  lain  yang  jumlahnya sangat  besar,  maka  dikatakan  kepadaku  :  mereka itu  adalah  umatmu,  dan  bersama  mereka  ada 70 000  (  tujuh  puluh  ribu  )  orang    yang  masuk  sorga tanpa  hisab  dan  tanpa  disiksa  lebih  dahulu, kemudian  beliau  bangkit  dan  masuk  ke  dalam rumahnya,  maka  orang  orang  pun memperbincangkan  tentang  siapakah  mereka  itu  ?, ada  diantara  mereka  yang  berkata  :  barangkali  mereka  itu  orang  orang  yang  telah  menyertai  nabi  dalam hidupnya, dan ada lagi yang berkata : barang kali mereka  itu  orang  orang  yang di lahirkan dalam lingkungan  islam  hingga  tidak  pernah menyekutukan allah dengan  sesuatupun, dan  yang lainnya menyebutkan yang lain pula. kemudian rasulullah   keluar dan  merekapun memberitahukan  hal  tersebut  kepada  beliau.  maka beliau  bersabda  :  

“mereka  itu  adalah  orang-orang yang  tidak  pernah  minta  ruqyah,  tidak  melakukan tathoyyur  (1) dan  tidak  pernah  meminta  lukanya ditempeli  besi  yang  dipanaskan,  dan  mereka  pun bertawakkal  kepada  tuhan  mereka,  kemudian ukasyah  bin  muhshon  berdiri  dan  berkata  : mohonkanlah  kepada  allah    agar  aku  termasuk golongan  mereka,  kemudian  rasul  bersabda  :  “ya, engkau  termasuk  golongan  mereka”,  kemudian seseorang  yang  lain  berdiri  juga  dan  berkata  : mohonkanlah kepada allah  agar aku juga termasuk golongan  mereka,  rasul  menjawab  :  “kamu  sudah kedahuluanukasyah”( hr. bukhori dan muslim ) 


0 Response to "MENGAMALKAN TAUHID DENGAN SEBENAR BENARNYA DAPAT MENYEBABKAN MASUK SURGA TANPA HISAB "

Post a Comment