Permasalahan Dalam Rumah Tangga

Permasalahan Dalam Rumah Tangga  img
Problematika dalam rumah tangga hampir tidak dapat di hindari, sebuah 'usrah' rumah tangga pasti akan menghadapi segala macam problem dalam perjalanan menempuh bahtera kehidupan pasti ada perselisihan di antara suami dan istri, Namun setiap ‘usrah’ bervariatif persoalan dan problem yang di hadapi. Islam sangat menganjurkan kepada suami dan istri untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul yang selalu mendera mereka berdua, dan juga selalu memecahkan segala aral melintang yang menghadapi bahtera rumah tangga mereka. Islam juga membnimbing bagi masing-masing suami dan istri agar selalu menempuh solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan dalam rumah tangga, sebagaimana di anjurka dalam Islam untuk di segerakan mungkin menempun solusi terbaik bila muncul benih-benih perpecahan dan perbedaan persepsi. Alloh ta’alla berfirman :

“Wanita-wanita, yang kamu khawatirkan nusyuznya maka nasihatilah mereka, pisahkanlah mereka di tempat-tempat tidur mereka, dan pukulah mereka.” (QS.An-Nissa :44)

Dalam ayat lain, Alloh SWT berfirman :

“Dan jika seorang wanita, khawatir sikap nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya maka tidak mengapa bago keduanya mengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya dan perdamaian itu lebih baik” (QS.An-Nissa’ : 128)

Manhaj Islam tidak menunggu sampai nusyuz itu benar-benar menjadi realita dan istri mengibarkan bendera pembengkangan sehingga merontokkan wibawa ‘qawama (kepemimpinan) dan memecah rumah tangga yang sudah terjalin lama. Karena terapi dan upaya penyelesaian sering kali kurang bermanfaat bila kondisi persoalan sudah mencapai kondisi semacam ini. Karena itu gejala-gejala awal ‘nusyuz’ harus segera di selesaikan sebelum permasalahannya menjadi lebih besar. Sebab ujung nya akan menimbulkan kerusakan pada sebuah keharmonisan rumah tangga yang sangat sulit untuk di persatukan lagi dan akan membuat kondisi di dalamnya menjadi tidak ada ketenangan dan ketentraman di dalamnya. Pertikaian dalam rumah tangga juga akan menyebabkan proses pendidikan dan psikologi anak menjadi terabaikan  dalam kondisi yang sudah paling gawat ini. Selanjutnya akan terjadi keruntuhan dan kehancuran bahtera rumah tangga secara keseluruhan. Anak-anaknya berantakan, jiwa mereka terombang-ambing di tengah badai kehancuran yang dapat mengantar mereka ke berbagai macam penyakit rohani serta jasmani bahkan tergangi kejiwaan.


Dalam Islam sudah di ajarkan bahwa mengantisipasi pertikaian agar tidak menjadi lebih besar lagi dapat di lakukan dengan menyelesaikan benih-benih yang menjadi pemicu awal. Menyegerakan dalam menyelesaikan permasalahan atau perbedaan persepsi sangat di anjurkan dalam Islam. Sebuah permasalahan yang kecil akan menumpuk dan semakin membesar jika tidak di selesaikan segera. Langkah-langkah antisipatif menjadi solusi utama dalam menyelesaikan gejela awal yang menyebabkan terjadinya ‘nusyuz’. Ada bahasan yang akan mendetail mengenai penerapan ‘nusyuz’ untuk istri dan penerapan ‘nusyuz untuk suami yang akan di bahas pada artikel berikutnya.

0 Response to "Permasalahan Dalam Rumah Tangga "

Post a Comment